Sticky Post

8 Cara Membuat Lagu Sendiri yang Berkualitas

Mungkin beberapa di antara kamu ada yang ingin menjadi musisi dan memainkan lagu sendiri. Perlu diketahui bahwa menciptakan lagu bukanlah hal yang mudah. Kamu bisa coba download lagu mp3 kemudian dengarkan, pasti lagu tersebut memiliki ciri khas dan makna tersendiri.

Cara Menciptakan Lagu Sendiri yang Berkualitas

Bagi kamu yang ingin mencoba membuat lagu tetapi tidak punya biaya untuk kursus, kamu bisa belajar secara otodidak melalui media digital. Percaya atau tidak, kamu benar-benar bisa membuat lagu sendiri dalam waktu yang singkat. Bahkan akhir-akhir ini banyak bedroom musician atau para pemula yang menulis lagu dan mengunggahnya secara online.

  • Intro

Intro adalah tahap pengenalan pada struktur lagu, hal ini sesuai dengan istilahnya. Sebenarnya, melalui intro kamu sudah bisa memberi gambaran keseluruhan atau abstraksi dari lagu yang akan kamu buat.

Ada beberapa lagu yang diciptakan tanpa ada intro. Meskipun demikian, intro ini menjadi salah satu struktur lagu yang penting, apalagi bagi para pemula. Hal ini dikarenakan melalui intro lagu dapat memberikan kesan awal bagi para pendengar.

  • Verse

Struktur lagu selanjutnya yaitu verse atau bait. Pada bagian ini, seorang penyanyi atau musisi mulai untuk mengisi lagu yang dibuat dengan bait-bait lirik. Lirik yang ada pada bagian verse, umumnya menjadi di jalan pembuka untuk bisa masuk pada inti lagu atau reff.

Penggunaan nada atau not pada bagian ini, umumnya menggunakan komposisi nada yang repetitif, 3-4 nada. Untuk pemilihan nadanya sendiri bisa menyesuaikan dengan lagu yang akan dibuat. Pada tahap ini memang membutuhkan inspirasi yang lebih.

  • Pre-chorus

Perlu diketahui bahwa tidak semua lagu memiliki struktur pre-chorus, sehingga struktur ini sifatnya tidak wajib. Dibandingkan dengan verse dan chorus, pre-chorus memiliki momen atau durasi yang singkat tetapi memberikan nuansa dan karakteristik pada lagu tersebut.

Tujuan adanya pre-chorus yaitu membangun feel atau nuansa yang yang selaras dengan chorus. Umumnya, ketika pada tahap pre-chorus, sudah bisa diketahui bahwa setelahnya adalah chorus, karena nadanya selaras atau beririsan.

  • Chorus atau Reff

Chorus atau sering disebut dengan reff adalah bagian yang sangat penting dalam struktur lagu. Setiap lagu pasti memiliki bagian reff dan bisa dikatakan bahwa ini merupakan jantung dari lagu yang dibuat. Chorus atau reff sifatnya puncak atau klimaks dari lagu yang diciptakan. Biasanya ketika orang-orang download lagu mp3 mereka akan lebih menikmati bagian chorus atau reff.

Pada struktur lagu yang dibuat, peran chorus sangatlah penting dan harus diperhatikan detail. Komposisi nada dari chorus mempunyai progresi yang berkebalikan dengan bagian verse. Untuk nada yang digunakan dalam membuat chorus biasanya lebih tinggi dibandingkan verse. Meskipun demikian, nada terakhir pada chorus harus bisa kembali masuk pada bagian verse atau bridge.

Tujuannya yaitu supaya lagu tidak terdengar menggantung dan tetap mengalir. Dalam membuat lagu, pemahaman mengenai progresi nada menjadi sangat penting. Hal ini sangat dibutuhkan karena kamu bisa menemukan cara untuk membuat lagu sendiri dengan baik melalui progresi nada yang kamu kuasai.

  • Bridge

Bridge merupakan struktur lagu di mana bagian ini digunakan untuk menjembatani perpindahan antar bagian dari keseluruhan lagu yang dibuat. Umumnya, bridge digunakan untuk menyambungkan lagu dari chorus ke bagian verse selanjutnya. Jadi lagu akan terdengar utuh dan tidak ganjil. Meskipun demikian, ada juga musisi yang menjadikan bridge di bagian pengantar terakhir lagu ke outro.

  • Interlude

Peran dari interlude sama dengan bridge, yang sifatnya menjembatani antar bagian lagu secara keseluruhan. Dengan demikian maka perjalanan lagu tidak terputus. Bedanya dengan bridge, interlude tidak menjadikan lirik sebagai elemen. Jadi, di bagian interlude hanya berisi permainan instrumen yang menyambungkan antar bagian lagu. Kamu bisa download lagu mp3 untuk mendengarkan contoh bagian interlude pada lagu.

  • Modulasi

Bagi para pemula, struktur modulasi jarang digunakan saat membuat lagu sendiri. Karena memang untuk membuat struktur modulasi membutuhkan kemampuan khusus dan pengalaman yang mendalam pada dunia musik, khususnya cipta lagu. Pada bagian modulasi sebenarnya merupakan modifikasi dari nada chorus yang dibuat lebih tinggi.

Dalam hal ini, komposer atau penulis lagu harus menggunakan progresi nada yang berbeda. Modulasi dalam struktur lagu berperan untuk menghadirkan klimaks pada lagu sebelum menuju coda atau outro. Untuk lagu-lagu yang dibuat oleh para musisi profesional biasanya ada struktur modulasi di mana hal ini bisa membuat lagu menjadi lebih bernyawa.

  • Coda atau outro

Struktur lagu terakhir adalah coda atau outro, yaitu bagian penutup lagu yang secara umum digunakan. Dalam membuat bagian outro, ada beberapa variasi yang dilakukan. Kamu bisa menggunakan satu nada strum untuk dibuat koda, atau kamu juga bisa membuat komposisi nada menjadi cukup rumit. Hal ini tentu disesuaikan dengan konsep lagu yang dibuat.

Membuat lagu sendiri sebenarnya dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang mudah. Namun untuk para musisi profesional biasanya akan membuat lagu yang kompleks karena lagu tersebut akan dijual ke pasaran. Setelah lagu tersebut rilis maka banyak yang download lagu mp3 tersebut untuk didengarkan sepanjang hari.