Sticky Post

Pemanfaatan Batu Bara Dalam Kehidupan Sehari-hari

Batu bara adalah komoditas dari tambang Indonesia yang sangat vital. Dan salah satu bentuk dari pemanfaatan batu bara ini adalah sebagai salah satu sumber energi untuk pembangkit tenaga listrik. Ketersediaan sumber daya alam dari batu bara ini yang sangat besar bisa memberikan keuntungan yang tersendiri dan mineral mentah yang diolah dalam negeri. Maka batu bara dan mineral ini memang sangat dibutuhkan di Indonesia.

Indonesia Sebagai Produsen dan Eksportir Batu Bara Terbesar Di Dunia

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia sendiri adalah produsen dan eksportir batu bara thermal yang terbesar di dunia. Pada tahun 2020 berdasarkan hasil penelitian dari Badan Geologi Kementerian ESDM bahwa total keseluruhan sumber daya batu bara yang ada di Indonesia ini bisa mencapai 143,73 miliar ton dan cadangan 38,81 miliar ton. Maka dari itu, kehadiran dari batu bara ini masih sangatlah dibutuhkan di Indonesia, hal ini karena bahan bakar fosil ini sangat banyak sekali manfaatnya untuk manusia.

Pemanfaatan Batu Bara Di Kehidupan Sehari-hari.

Berikut ini manfaat dari batu bara dan mineral yang sangat dekat dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dimanfaatkan oleh manusia.

  1. Penghasil Produk Gas

Manfaat dari batu bara yaitu sebagai penghasil dari produk gas. Dimana gas alam ini bisa didapatkan dari batu bara di dalam tanah. Dimana batu bara ini yang berada di dalam tanah ini secara langsung dapat menghasilkan gas alam. Selanjutnya gas alami ini yang dihasilkan dari batu bara ini murni akan diolah oleh pertambangan untuk dapat dijadikan berbagai produk misalnya seperti bahan bakar industri, produk hidrogen dan solar serta pembangkit listrik tenaga gas.

  1. Sumber Energi Pembangkit Listrik

Manfaat dari baru bara yang sangatlah dekat dengan kehidupan manusia yaitu sebagai sumber pembangkit tenaga listrik. Pada beberapa negara menggunakan batu bara dan mineral sebagai bahan bakar yang utama sebagai pembangkit tenaga listrik seperti China, Australia, India, Jepang, Jerman serta beberapa negara yang lainnya. Menurut data Kementerian ESDM, bahwa konsumsi batu bara di dalam negeri pada tahun 2020 sudah mencapai 121,89 juta ton dan penggunaan terbesar sebagai penyuplai PLTU.

  1. Pendukung Industri Produk Baja

Untuk aktivitas industri yang lainnya manfaat batu bara adalah untuk dapat membantu industri pada produk baja. Seperti yang diketahui bersama bahwa baja ini merupakan salah satu dari jenis bahan yang berperan penting di dalam kehidupan manusia dalam sehari-hari. Hal ini bisa menghasilkan berbagai macam produk yang dapat membantu kehidupan manusia yaitu seperti peralatan pertanian, peralatan kesehatan, peralatan transportasi dan mesin-mesin yang dapat digunakan dalam berbagai aktivitas dalam rumah tangga.

  1. Manfaat Untuk Industri Semen

Di samping bermanfaat pada industri baja dan aluminium, bahwa batu bara ini berguna juga untuk industri semen. Dimana batu bara ini adalah bahan hasil bumi dan galian yang berperan sebagai bahan baku untuk pembuatan semen. Walaupun demikian tidak digunakan untuk bahan baku untuk hal material, dimana batu bara ini digunakan sebagai proses pembakarannya. Dengan demikian peran dari batu bara ini sangatlah penting di dalam industri yang satu ini.

Sebagai informasi, bahwa saat ini terdapat 237 PLTU Batu bara yang ada di Indonesia. Sebanyak 31% berada di Jawa, Bali serta Nusa Tenggara. Di Sumatera terdapat 25 %, Maluku 2%, Sulawesi 17% dan Papua 1 %. Dengan demikian batu bara dan mineral ini sangatlah bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.