Sticky Post

Penasaran? Inilah Jumlah Pengguna Aktif Bulanan TikTok

Siapa yang tidak tahu TikTok. Di era sosial media seperti saat ini TikTok dapat bersaing dengan berbagai sosial media lainnya yang sudah lebih dulu eksis seperti Instagram, Youtube, Facebook, ataupun Twitter. Sebegitu ramainya TikTok sampai beberapa download video TikTok tanpa watermark yang viral diposting ulang di media sosial lainnya oleh beberapa akun meme.

Aplikasi TikTok sebenarnya sudah diluncurkan sejak 2018 dan dibuat oleh perusahaan ByteDance yang berasal dari China. Sejak diluncurkan TikTok mengalami perkembangan yang cukup pesat baik dari segi jangkauan wilayah, jumlah pengguna, maupun fiturnya. Di Indonesia sendiri TikTok awalnya dikenal sebagai aplikasi hiburan berbasis musik dan video secara virtual.

Daftar Jumlah Pengguna Aktif TikTok Seluruh Dunia

Tidak hanya di Indonesia ternyata, TikTok juga cukup banyak diminati oleh negara-negara lain di dunia. Berikut adalah daftar jumlah pengguna aktif TikTok dari seluruh dunia:

  • Amerika Serikat menduduki peringkat pengguna aktif TikTok terbanyak dengan jumlah 65,9 juta pengguna.
  • Indonesia menyusul dengan jumlah pengguna aktif bulanan pada kisaran 22,2 juta pengguna.
  • Rusia memiliki jumlah pengguna TikTok aktif sebanyak 16,4 juta pengguna.
  • Jepang memiliki jumlah pengguna TikTok aktif sebanyak 12,6 juta.
  • Prancis berjumlah 9,3 juta pengguna aktif bulanan.
  • Jerman tidak terlampau jauh dari Prancis dengan jumlah 9,1 juta.

Angka-angka tersebut merupakan jumlah yang besar. Oleh karena itu TikTok terus memperbaiki dan memperbaharui fitur-fitur yang dimilikinya. Pada awal kemunculannya TikTok hanya menyediakan durasi satu menit dan saat ini pengguna TikTok dapat mengunggah video hingga berdurasi 3 menit. Fitur efeknya pun semakin beragam ditambah pula pilihan soundnya yang enak didengar. Para penggunanya pun dapat melakukan download video TikTok tanpa watermark. Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah mengapa TikTok mendapatkan banyak pengguna?

Beberapa Alasan TikTok Memiliki Banyak Pengguna

Sebagai sebuah aplikasi yang tergolong baru muncul belakangan, banyaknya pengguna TikTok membuat beberapa orang mempertanyakan apa saja fitur yang dimilikinya. Berikut adalah beberapa alasannya:

Siapa saja bisa viral

Sebagai informasi, pendistribusian konten video yang dibuat di TikTok tidak serumit pada sosial media lainnya. Kurang lebih berikut adalah tahapan pendistribusian konten pada aplikasi TikTok:

  1. Konten ditampilkan pada halaman pengikut.
  2. Konten ditampilkan pada beberapa pengguna lainnya.
  3. TikTok mengevaluasi interaksi pada konten tersebut, mulai dari durasi menonton, jumlah like, komentar, hingga berapa kali video tersebut dibagikan.
  4. Apabila jumlahnya baik maka TikTok akan mendistribusikan konten tersebut ke lebih banyak pengguna.
  5. Begitu seterusnya hingga jumlah interaksi pada konten berkurang.

Jenis kontennya yang beragam

Banyaknya jenis konten yang ditampilkan oleh para pengguna TikTok juga menjadi alasan tersendiri mengapa aplikasi ini memiliki banyak pengikut. TikTok menawarkan berbagai jenis konten mulai dari video lucu, hiburan, inspirasi, pendidikan, hingga tutorial.

Konten video singkat yang lebih menarik

Berbeda dengan video Youtube yang berdurasi lebih panjang, video di TikTok berdurasi maksimal 3 menit sehingga pengguna dapat menikmati lebih banyak konten dalam satu waktu dan mencegah kebosanan.

Fitur yang beragam

Aplikasi TikTok menawarkan beragam fitur yang mendukung proses pembuatan konten hingga penyebaran konten. Pada fitur pembuatan konten TikTok menawarkan fitur filter yang menarik untuk dieksplor lebih jauh. Pada proses penyebaran konten, setiap pengguna dapat menyimpan, menyebarkan, ataupun duet dengan pengguna lainnya. Sedangkan untuk download video TikTok tanpa watermark dapat dengan menggunakan cara lainnya.