Sticky Post

Cara Cuci Karpet Masjid Bersih dan Wangi

Masjid adalah tempat ibadah umat Islam yang banyak ditemui di Indonesia. Tempat ibadah ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat bahkan ada masjid yang memiliki jam operasional hingga 24 jam penuh karena selalu ada umat Islam yang datang untuk beribadah di sana.

Nah kali ini layanan jasa karpet masjid Malang ingin berbagi informasi tentang bagaimana cara cerdas untuk mencuci karpet masjid agar supaya bersih dan juga wangi. Tentu sudah banyak yang tahu bahwa masjid juga menjadi pusat kegiatan umat Islam. Ada banyak sekali jenis kegiatan yang diadakan di masjid seperti pengajian akbar, kajian rutin hingga i’tikaf.

Simak Langkah Mencuci Karpet Masjid Agar Bersih Maksimal

Kegiatan yang diselenggarakan di masjid tentunya akan berdampak langsung pada kebersihan karpet masjid. Padahal kegiatan ibadah dan lainnya dilakukan hampir setiap hari. Karpet yang bau dan kotor tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan sekaligus kekhusyukan pengunjung masjid dalam beribadah.

Maka dari itu, sangat penting untuk dilakukan kegiatan mencuci dan membersihkan karpet masjid secara rutin agar supaya bersih maksimal. Karpet masjid harus dicuci dengan benar agar supaya benar-benar bersih, karena jika tidak maka karpet akan terlihat kusam dan berbau tak sedap.

Di bawah ini adalah beberapa cara cerdas untuk mencuci karpet masjid hingga bersih dan wangi sesuai dengan tips yang diberikan oleh jasa karpet masjid Malang.

  1. Bersihkan debu terlebih dahulu

Sebelum karpet dicuci, sebaiknya bersihkan debu yang menempel di karpet terlebih dahulu dengan menggunakan vakum cleaner. Gunakan alat vakum atau penghisap debu yang berkualitas terbaik sehingga tidak merusak bahan karpet masjid.

  1. Bentangkan karpet di jemuran khusus karpet

Sebaiknya setiap masjid memiliki jemuran khusus untuk karpet. Jemuran tersebut akan digunakan setiap kali karpet akan dicuci. Bentangkan karpet dalam kondisi kering untuk memudahkan proses pencucian.

  1. Gunakan semprotan air dengan tekanan tinggi

Mencuci karpet tidak tepat jika Anda melakukannya dengan menggunakan selang air biasa atau bahkan air yang disiramkan dengan gayung. Debu atau kotoran di sela-sela bahan karpet hanya akan hilang jika disemprot dengan menggunakan semprotan air bertekanan tinggi. Semprotkan hingga merata ke seluruh bagian karpet yang dicuci.

  1. Gunakan sabun khusus untuk cuci karpet

Selagi karpet masih terbentang di jemuran khusus, bubuhkan sabun khusus untuk cuci karpet. Pakai jenis sabun khusus untuk mencuci karpet agar supaya tak merusak bahan karpet yang dicuci. Gunakan sikat halus untuk menggosok permukaan karpet dengan lembut.

  1. Jemur dengan cara diangin-anginkan saja

Meski proses menjemur dengan sinar matahari akan membuat karpet cepat kering, namun dianjurkan untuk menjemur hanya dengan cara diangin-anginkan saja. Hal itu bertujuan agar supaya warna karpet tak pudar karena terkena sinar matahari langsung. Lakukan proses jemur dengan membuat bentuk segitiga sehingga karpet akan mudah kering.

Tips Agar Supaya Karpet Masjid Awet Bersih dan Wangi

Mencuci karpet masjid secara rutin bisa dilakukan secara terjadwal, namun terkadang ada hal yang membuat kita harus mencuci karpet masjid meski tidak sesuai dengan jadwal. Berikut beberapa tips untuk membuat karpet masjid awet bersih dan wanginya sehingga meringankan tugas untuk mencuci karpet masjid.

  • Bersihkan noda di karpet dengan segera

Jika Anda menemukan ada noda di karpet masjid maka segera bersihkan noda tersebut hingga bersih semaksimal mungkin. Jika noda membandel, Anda bisa menggunakan bahan pembersih khusus karpet masjid Malang untuk membantu proses pembersihan noda dengan mudah.

  • Letakkan keset di setiap pintu masuk masjid

Hal tersebut akan sangat efektif untuk membantu pengunjung masjid untuk membersihkan kakinya terlebih dahulu sebelum menapakkan kakinya di karpet masjid.

  • Bersihkan debu setiap hari

Usahakan untuk membersihkan debu di karpet masjid setiap hari dengan menggunakan bantuan alat penghisap debu. Pastikan menggunakan alat penghisap debu yang berkualitas agar supaya debu tersedot dengan maksimal. Bahkan saat ini sudah ada jenis alat penghisap debu yang bisa menyedot tungau dan hewan kecil lainnya yang biasa bersarang di karpet.

  • Buang bau tak sedap dengan baking soda

Karpet masjid yang baru dicuci biasanya akan berbau tak sedap. Anda bisa menghilangkannya dengan cara menggunakan bahan dapur baking soda. Setelah karpet kering, taburkan baking soda secara merata ke karpet masjid tersebut.

Diamkan hingga beberapa saat kemudian bersihkan baking soda dengan menggunakan penghisap debu. Kini karpet masjid sudah bersih dan wangi segar alami.

Anda juga bisa menambahkan pewangi karpet masjid yang kini banyak dijual di pasaran. Ada banyak sekali varian wangi khas Madinah Makkah yang akan membuat karpet berbau wangi sehingga menambah kenyamanan dalam beribadah.

Demikian ulasan singkat tentang cara cerdas untuk mencuci karpet masjid agar bersih dan wangi sesuai tips yang diberikan dari layanan jasa karpet masjid Malang. Semoga bermanfaat.