Sticky Post

Fakta Menarik Dari Pulau Madura

Madura itu adalah salah satu kepulauan yang ada di Indonesia, lokasi dari pulau tersebut ada di sebelah timur Jawa. Informasi mengenai Madura bisa dilihat di sini, dan pulau Madura ini sendiri masih masuk di dalam provinsi Jawa Timur ya. Madura sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang, hal ini terlihat dari kebudayaan dan juga kesenian yang ada di Madura.

Sebenarnya ada beberapa fakta menarik dari Madura yang mungkin belum diketahui banyak orang, meskipun sudah ada banyak fakta yang populer. Salah satu yang populer dari Madura adalah soal dialek yang dimiliki dan juga kulinernya yakni adalah Sate ayam Madura. Nah pada kesempatan ini kami akan jelaskan beberapa fakta menarik dari Madura yang tidak banyak orang ketahui.

Pernah Menjadi Negara

Fakta pertama yang mungkin tidak banyak orang tahu adalah bahwa pulau Madura itu ternyata pernah menjadi negara lho. Di tahun 1948 pada waktu peralihan pemerintahan Belanda, Madura pernah menjadi negara Van Der Plas untuk melemahkan Indonesia saat itu. Dan Belanda menjadikan Madura sebagai negara ini untuk menjadi benteng pertahanan dan juga pengamanan yang ada di Jawa Timur.

Bahkan pada saat itu Madura itu pernah memiliki lambang negara yakni bendera dengan warna hijau dan putih. Namun keberadaan negara buatan Belanda yang ada di pulau Madura ini tidak bertahan lama, hanya bertahan sekitar 2 tahun saja. Informasi di Agelejer.com menjelaskan tahun 1950 negara buatan Belanda itu pun dibubarkan dan pulau Madura pun kembali bergabung dengan negara Indonesia.

Memiliki Tradisi Nikah Muda

Fakta yang kedua itu adalah di Madura itu ternyata memiliki tradisi nikah muda lho, dan hal ini sudah menjadi hal yang biasa saja. Bahkan di Madura itu perempuan sudah ada yang dipinang dan untuk laki-laki di usia 16 tahun pun sudah ada yang menikah. Dan bisa dibilang tradisi nikah muda ini memang menjadi salah satu tradisi yang unik yang ada di Madura lho.

Ada banyak hal yang mendasari adanya tradisi nikah muda yang ada di Madura, biasanya seperti hutang budi, ada juga sebagai pengikat tali kekeluargaan. Bahkan ada juga alasan lainnya yakni seperti takut tidak bisa mendapatkan pasang hidup apabila mungkin terlalu tua.

Penghasil Garam Terbesar Kedua Di Indonesia

Fakta yang ketiga adalah Madura ternyata adalah sebuah daerah penghasil garam yang cukup besar, dan menjadi yang terbesar kedua. Jadi sebagai sebuah daerah kepulauan, Madura ini menyuplai garam di Indonesia dengan cukup besar lho. Madura ini menjadi penghasil garam terbesar setelah Cirebon, di mana setiap tahunnya menghasilkan 300 ton garam hanya di kabupaten Sampang saja.

Dengan kondisi penghasil garam yang cukup besar, maka wajar saja bila banyak petani garam yang ada di Indonesia ini. Tercatat di tahun 2018 total garam yang dihasilkan dari semua kabupaten di Madura itu sekitar 2749 ton garam, sangat besar tahun itu.

Budaya Sarungan

Fakta berikutnya adalah ada kaum yang populer di Madura yakni adalah kaum Sarungan, dan ini sudah menjadi kebudayaan di sana. Jadi bukan hanya untuk beribadah saja, akan tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari pun mempergunakan sarung. Jadi mulai dari bermain, belanja, bahkan sampai ke acara pernikahan pun mempergunakan sarung untuk kaum Sarungan di Madura ini.

Sarung itu berdasarkan tradisi Madura itu adalah sebuah pakaian yang sangat berharga dan menjadi bentuk kesopanan bagi masyarakat Madura. Bahkan tidak hanya kaum pria saja yang menggunakan sarung, di Madura wanita pun mempergunakan sarung juga.

Masih Memiliki Tradisi Magis

Meskipun Madura kental dengan agama Islam, tapi ternyata di Madura masih cukup banyak tradisi magis yang masih populer sampai sekarang. Ada beberapa ritual yang masih dilakukan seperti misalnya ritual Rokat Tase. Ini sudah menjadi salah satu bagian dari tradisi masyarakat Madura yang masih dipertahankan sampai sekarang.

Tradisi Rokat Tase ini dilakukan untuk menghormati penguasa lautan dan juga demi keselamatan. Demikianlah beberapa fakta menarik Madura yang bisa dilihat juga di artikel ini.