Cara Mudah Menyambung Router ke WIFI

Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan utama Sebagian besar orang saat ini. Terlebih saat ini kita masih berada di masa pandemi yang membuat kita tidak bisa bergerak atau bepergian dengan bebas seperti sebelumnya.

Alhasil, banyak kegiatan yang hanya bisa dilakukan melalui online yang tentu saja membutuhkan jaringan internet, ZTE login. Kegiatan bekerja, belajar, bertemu teman, bermain, mencari hiburan, meeting, dan sebagainya hanya bisa dilakukan melalui online saat ini.

Cara Mengatur Router Supaya Terhubung ke WIFI

WIFI menjadi salah satu sumber jaringan internet yang dibutuhkan banyak orang untuk dapat melakukan berbagai kegiatan online. Sayangnya, Sebagian besar pengguna WIFI malah tidak paham bagaimana cara mengatur router agar bisa terhubung dengan WIFI.

Saat akan menggunakan WIFI, biasanya terdapat dua alat yang dapat digunakan untuk mendapat jaringan WIFI, yaitu router atau modem. Kehadiran router di sini adalah untuk mentransmisikan jaringan WIFI secara nirkabel ke berbagai perangkat elektronik yang ingin kamu sambungkan dengan jaringan WIFI.

Tanpa adanya router ini, jaringan WIFI tidak dapat ditransmisikan tanpa dengan menggunakan sambungan kabel ke perangkat elektronikmu. Jika kamu menggunakan modem ZTE, kamu juga harus melakukan ZTE login untuk dapat mengakses jaringan WIFI dengan lancar.

Inilah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatur router agar dapat terhubung ke WIFI.

  1. Persiapan

Hal pertama yang harus kamu persiapkan untuk menyetting router adalah kabel LAN untuk menghubungkan router ke modem. Lokasi WIFI juga harus disiapkan dengan baik, penempatan di tengah rumah adalah lokasi terbaik. Dengan demikian jaringan WIFI dapat menyebar ke seluruh penjuru rumah.

Kecanggihan teknologi saat ini juga semakin membantu kamu untuk mendapatkan router yang bagus. Router yang bagus dapat mentransmisi sinyal dengan kuat sehingga tidak masalah jika router diletakkan di dalam ruangan. Kamu juga bisa menggunakan WIFI Range Extender untuk memperkuat sinyal.

  1. Hubungkan Modem ke Router

Cabut kabel LAN dari modem yang tersambung ke PC atau komputermu terlebih dahulu. Kemudian sambungkan kabel LAN dari port LAN modem ke port LAN router. Kamu juga bisa menggunakan kabel LAN pendek jika jaraknya ke router pendek.

  1. Sambungkan Router ke Komputer atau Laptop

Untuk dapat menggunakan jaringan WIFI pada komputer atau laptop yang belum support WIFI, kamu bisa menggunakan kabel LAN. Sambungkan kabel LAN tersebut dari PC atau laptop ke router. Gunakan kabel LAN yang lebih Panjang agar bisa tersambung dengan baik.

Sambungkan kabel LAN di CPU ke port kabel LAN yang terdapat pada router. Sambungan tersebut akan memungkinkan komputermu memiliki jaringan internet dari WIFI seperti saat kamu menggunakan modem. Jangan lupa untuk menyambungkan modem dan router ke listrik agar menyala.

  1. Konfigurasi Jaringan dan Sambungan Wireless

Langkah selanjutnya adalah dengan mengonfigurasi jaringan dengan melakukan login pada halaman admin router. Kamu dapat menggunakan smartphone atau perangkat lain yang sudah terhubung internet. Cari alamat IP dari router yang kamu gunakan atau dapat menggunakan kode umum seperti 192.168.1.1 atau 192.168.0.1.

Agar jaringan WIFI dapat dibaca secara wireless, kamu bisa pergi ke pengaturan router dan mengatur setting yang ada di sana. Pilih Enable SSID dan ubah nama router sesuai yang kamu inginkan.

Gunakan password untuk membatasi siapa saja yang dapat mengakses jaringan WIFI-mu. Setelah melakukan ZTE login dengan IP yang telah disesuaikan dan mengatur jaringan router agar dapat diakses secara wireless, kamu bisa menggunakan jaringan WIFI di berbagai perangkat.